Universitas Sebelas Maret Ikut Serta dalam Kegiatan Pameran Produk InovasiJawa Tengah 2023

Universitas Sebelas Maret melalui Direktorat Inovasi dan Hilirisasi mengikuti Pameran Produk Inovasi (PPI) dari Badan Riset Inovasi Daerah (BRIDA) Jawa Tengah. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar Pameran Produk Inovasi (PPI) yang ke – 14 untuk memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke – 28. Kegiatan pameran dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Jumat-Minggu, tanggal 01-03 September 2023. Sumarno, S.E., M.M, Sekda Provinsi Jateng, membuka gelar Pameran Produk Inovasi Jawa Tengah pada Jumat, 01 September 2023. Wakil Rektor Bidang III Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T., dan Plt. Direktur Direktorat Inovasi dan Hilirisasi (DIH), Prof. Venty Suryanti, S.Si., M.Phil., Ph.D turut hadir dalam acara tersebut.

Dengan tema “Research and Innovation for Better Future“, pameran ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para periset, inovator, inventor, serta menjadi ajang memamerkan produk inovasi dari Instansi Pemerintahan baik pusat maupun daerah, Lembaga Pemerintah, Lembaga Penelitian, Perusahaan BUMN, BUMD & Swasta, Akademisi, Sentra Industri & Kerajinan, Lembaga Pembiayaan dan Sektor Bisnis untuk mensosialisasikan kepada masyarakat produk-produk inovasi yang dihasilkan. Tujuan diadakannya pameran ini adalah untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat tentang perlunya budaya Iptek di berbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari dan mendorong kreativitas dan inovasi masyarakat dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa; mensinergikan strategi untuk implementasi berbagai kebijakan pemerintah, khususnya yang berkaitan dengan hasil riset pengembangan untuk hilirisasi iptek; serta  mempromosikan produk-produk inovasi yang berbasis pada potensi dan kearifan lokal. Pameran Produk Inovasi Jawa Tengah Th. 2023 diikuti oleh 45 Organisasi Perangkat Daerah  Provinsi, 33 unit dari kabupaten/kota, dan 15 perguruan tinggi di Jawa Tengah.Mengangkat tema “Innovation is The Key to The Future Advancement of Campus”, UNS berharap produk inovasi yang dihasilkan mampu untuk memenuhi kebutuhan maupun menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat sehingga produk-produk tersebut dapat dikomersialisasikan untuk mensejahterakan baik inventor maupun kampus itu sendiri. Produk inovasi yang diikutsertakan dalam pameran ini adalah produk-produk yang dihasilkan dari kegiatan hibah inovasi UNS (skema PPI, P3SD, dan Semesta), kedaireka, maupun program pendanaan lain yang dikelola oleh Direktorat Inovasi dan Hilirisasi UNS. UNS memamerkan produk inovasi yang sudah siap untuk dikomersialisasikan bahkan beberapa produk sudah memiliki badan usaha untuk kegiatan komersialisasi produk. Beberapa produk inovasi unggulan yang telah melakukan kegiatan komersialisasi adalah Ekolektrik (jasa konversi motor bbm ke listrik), Polimikro (bahan baku baterai lithium), Batex (produk baterai lithium), Panensia (bumbu dan rempah bubuk), dan U&S Organic Body Care (Skincare berbahan aloe vera). UNS juga memamerkan alat-alat inovasi ciptaan dosen dan mahasiswa yang sudah siap untuk di hilirisasi seperti alat pengusir hama, alat pendeteksi banjir, alat otomatis greenhouse. Pada akhir pameran, Universitas Sebelas Maret meraih posisi kedua sebagai booth terbaik dalam kategori perguruan tinggi.

Beberapa produk inovasi UNS yang dipamerkan pada kegiatan tersebut, diantaranya:

NoJudulDeskripsi Singkat
1EkolektrikJasa konversi motor bbm ke motor listrik. Melayani konversi full listrik maupun hybrid. Keunggulan produk ini yaitu memiliki fleksibilitas harga dan desain yang dapat digunakan saat ingin memiliki kendaraan listrik.
2BatexPT Batex Energi Mandiri merupakan perusahaan yang berfokus di bidang energi terbarukan. Saat ini, Batex mengembangkan baterai lithium-ion 18650 dengan berbagai macam material aktif serta produk turunannya. dimulai dari tahun 2012 dengan memulai riset dalam baterai dan bahan dasarnya, di tahun 2015 laboratorium mulai beroperasi, sampai tahun 2020 menjadi “The First Lithium Battery Producer di Indonesia”.
3Alat Pengusir HamaAlat yang dicipatakan untuk mengusir hama tikus (dengan suara desibel tinggi), burung (dengan suara kencang), dan serangga (dengan lampu ultraviolet). Alat ini juga dapat dikontrol menggunakan smartphone
4Alat Pendeteksi BanjirAlat yang ditujukan untuk memantau ketinggian air sungai menggunakan sensor dimana apabila ketinggian air mengenai sensor maka akan muncul peringatan pada alat. 
5Alat Pendeteksi CuacaAlat pendeteksi cuaca secara realtime dan dapat diakses menggunakan smartphone
6U&S Organic Body CareMerupakan hasil inovasi berupa skincare (sabun tangan, sabun mandi, sabun wajah, dan pelembab) yang memiliki kandungan bahan utama lidah buaya
7CureajaMerupakan Startup bidang Kesehatan Layanan Ahli Gizi Pribadi Berbasis Katering Sehat dengan Cost Sharing System untuk Cek Kesehatan Gratis berbasis konsultasi gizi untuk masyarakat kurang mampu & kurang akses kesehatan di desa-desa. Fokus utama mencegah & pemulihan Penyakit Tidak Menular 
8Cokelat VeganHasil perkebunan kakao di Desa Giriwarno saat ini dikelola oleh Mitra yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Rondo Kuning, dimana hasil perkebunan kakao sebelum dijual, diolah menjadi produk-produk yang memilikinilai tambah seperti cokelat batang, kue, dan lain – lain.
9PanensiaMerupakan startup bidang pertanian yang Bertujuan mengoptimalisasi penyerapan hasil Panen pertanian. Layanan Panensia meliputi Penyedia Hasil pertanian dan Olahannya (Suplai Chain) untuk kebutuhan produksi perusahaan industri F&B, Hotel, restaurant, dan juga catering
10PolimikroPolimikro Berdikari Nusantara Corporation (PBN) merupakan startup di bidang komersialisasi material maju dan fungsional serta aplikasinya terhadap penyimpanan energi. PBN menyediakan produk material katoda, anoda, serta baterai Li-Ion dengan spesifikasi lengkapnya dapat dilihat dibawah Material katoda juga dapat dipesan sesuai keinginan pelanggan (custom material) serta karakterisasi materialnya. Selain itu, PBN juga menyediakan jasa konsultasi pengembangan material dan pengujian material.
11Produk Serat NanasMerupakan produk inovatif berbahan dasar serat nanas. Serat nanas diolah menjadi kain polos, kain motif dan topi.
12SIABSIAB (Siaga Air Bersih) merupakan Water Management System yang mampu mengatasi permasalahan air bersih dari hulu ke hilir mulai dari penemuan sumber mata air, filtrasi air bersih secara otomatis sesuai standar kemenkes, pendistribusian air bersih dan manajemen resiko yang dilakukan secara realtime dan online dengan teknologi Internet of Things (IoT) hanya dengan satu alat.
13Hasil Rekayasa Genetika AnggrekLaboratorium Fisiologi dan Bioteknologi Tumbuhan dan Screen House Fakultas Pertanian UNS berinovasi benih anggrek siap aklimatisasi yang dikemas dengan branding “UNS Orchid”dengan tujuan untuk menghasilkan benih anggrek kultur jaringan dalam jumlah besar, seragam dan tahan terhadap hama dan penyakit.
14SoloecoprintSoloecoprint.id merupakan startup yang bergerak di bidang industri kreatif (fashion&craft). Memiliki tagline “looks natural and still aesthetic”. Dimana artinya seluruh produk yang dihasilkan Soloecoprint.id bersifat ramah lingkungan namun tetep mengikuti perkembangan trend yang ada.
15WoodiguwakMerupakan startup yang memproduksi barang rumah tangga dari kayu maupun bambu (gelas, piring, kaca, lantai, dll)
16Bahan Pengisi TulangMaterial sekrup terdegradasi dalam tubuh (biodegradable bone screw) adalah material solusi yang sangat menjanjikan bagi pasien patah tulang. Material ini akan terserap tubuh sejalan dengan proses penyembuhan tulang yang patah. Karena terdegradasi dalam tubuh maka pasien patah tulang tidak perlu dilakukan tindakan operasi kedua untuk pengambilan material penyambung/platina. Hal ini tentu saja akan mengurangi traumatik pasien, nyaman dan tentu saja mengurangi biaya operasi
17Pupuk Mesiran“Pupuk Mesiran” Menyuburkan dan Melestarikan merupakan produksi pupuk organik padat dan cair dengan introduksi agen hayati. Sampah organik yang sudah melalui proses pemilahan, diolah untuk dijadikan pupuk organik.
18Smart Green HouseMerupakan inovasi dari kolaborasi bidang pertanian dan IT untuk menciptakan alat yang mampu melakukan penyiraman, pemantauan suhu, dan pengecekan tanah berbasis IoT
19GarasidjoeangMerupakan startup yang memiliki bisnis menyewakan gerobak angkringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *